Jumat, 05 April 2013


Hallo guys, dah lama sekali tidak mengudara. Hehehe. Maklum, beberapa waktu lalu aku kesulitan membuka blogku ini. Koneksi yang lemot ditambah lagi aktifitas yang agak padat. Nah, aku lupa, terakhir sampai dimana yah?? kalo gak salah lagi ngomongin ringkasan bukunya John Gray yah. Yuk mari dilanjutin yak.


Bab 8: Discovering Our Different Emotional Needs

Pria dan wanita perlu mengingat bahwa kebutuhan emosional dari lawan jenis tidak sama dengan diri mereka sendiri. Memberikan pasangan kita tipe kebutuhan emosional yang salah tidak akan sangat dihargai.
Jauh didalam diri seorang pria adalah ksatria dengan baju baja yang bersinar mencari seorang gadis yang dalam kesulitan yang mencintainya, dan melimpahinya dengan kepercayaan, penerimaan, apresiasi, kekaguman, persetujuan dan dorongan.
Jauh di dalam setiap wanita adalah gadis dalam kesulitan mencari ksatria berbaju baja yang akan mencintainya, dan melimpahinya dengan perhatian, pengertian, rasa hormat, pengabdian, pembenaran, dan jaminan.
Pria harus mendengarkan dengan penuh perhatian kepada perempuan untuk memahami kebutuhan mereka, menghindari marah atau defensif, perempuan harus memiliki keyakinan dalam kemampuan pria dan berusaha yang  terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka, menghindari mencoba untuk mengubah atau mengendalikan mereka.

Bab 9: Cara Menghindari Argumen
Komunikasi antara pasangan harus penuh kasih dan hormat, sebaliknya perang mulut sangat merusak keadaan. Seringkali tidak begitu banyak bicara menyebabkan keributan, tetapi intonasi dan bahasa tubuh yang diperlihatkan.
Argumen berkembang pada pria yang gagal untuk memberikan perhatian yang cukup kepada perasaan perempuan, dan perempuan yang menjadi kritis sehinga mencela pria. Salah satunya bisa menjadi pemicu, karena seorang pria yang tidak perhatian dapat menyebabkan seorang wanita marah dan mengekspresikan ketidaksetujuan, dan ketidaksetujuan wanita dapat menyebabkan seorang pria menjadi defensif dan berhenti mendengarkan bagaimana perasaannya.
Ketika pria melakukan kesalahan mereka menjadi frustrasi dan marah, dan sebaiknya dibiarkan saja sampai mereka tenang. Pria menganggap permintaan maaf menjadi pengakuan bersalah, perempuan melihat permintaan maaf sebagai ungkapan kasih sayang. Perbedaan persepsi inilah yang membuat mengapa pria umumnya lebih banyak tidak bersedia untuk meminta maaf daripada wanita.
Ketika terlibat dalam sebuah argumen, pria menggunakan kata-kata yang kuat dan agresif untuk memastikan bahwa mereka memenangkan argumen, dan perempuan sering dipaksa untuk mundur dalam menghadapi lawan yang benar-benar tangguh dan keras kepala. Pria kemudian merasa bahwa mereka telah memenangkan argumen, tapi itu adalah kemenangan hampa karena pasangan mereka tidak berubah pandangan mereka, tetapi hanya membiarkan mereka untuk menghindari konflik yang terus meningkat. Kadang-kadang orang lebih suka untuk menghindari argumen bukannya terlibat di dalamnya. Pria cenderung untuk melakukannya dengan menarik diri dalam diri mereka sendiri dan menolak untuk bicara, perempuan sering hanya berpura-pura bahwa perselisihan telah dilupakan.
Untuk menghentikan komunikasi yang memburuk menjadi perdebatan, pria harus berusaha untuk mendengarkan tanpa bersikap defensif, dan perempuan harus mencoba untuk mengungkapkan perasaan mereka tanpa mengkritik pasangan mereka.

To be continued lagi yak, hehehe

1 komentar:

  1. kelanjutanya mana???smuanya ada 13 bab kan!mksh dah bikin ringkasan pjg n lengkap kaya gini...izin share di g+ ya (nama blog+link hidup kesini dicantumin kok). ^_^

    BalasHapus